Belajar Bahasa Prancis

Peluncuran IFprofs Indonesia

Pada tanggal 18 November 2017 telah diselenggarakan peluncuran resmi platform IFprofs (https://id.ifprofs.org/) dalam Kongres tahunan Perhimpunan Pengajar Bahasa Prancis Seluruh Indonesia (PPPSD) yang dilaksanakan di Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

 

 

IFprofs merupakan sebuah jaringan sosial bagi para professional dan pengajar di bidang Bahasa Prancis. Platfom ini ditujukan bagi para profesional yang bekerja di sekolah, universitas, Institut Français dan Alliances Françaises (Pusat Kebudayaan dan Pengajaran Bahasa Prancis), yaitu diantaranya guru dan dosen yang berbahasa Prancis, kepala sekolah atau rektor, pustakawan, pelatih guru-guru, dan koordinator pengajaran.

 

Platform ini juga ditujukan kepada para mahasiswa calon pengajar Bahasa Prancis.

 

Jaringan IFprofs terdiri dari 48 negara, di dalamnya terdapat lebih dari 12.300 pengajar yang saling berbagi dan sampai hari ini terdapat lebih dari 4.000 materi ajar. Perangkat spesial ini dapat menjangkau guru-guru yang lokasinya jauh secara geografis dan merupakan solusi akurat dan konkret untuk mendukung para guru dalam pekerjaan sehari-hari.

 

Jaringan sosial ini memungkinkan anggotanya untuk:

· Berdialog dengan rekan-rekan di dalam dan luar negeri,

· Menemukan sumber dan informasi profesional yang telah diklasifikasikan dalam mesin pencari khusus,

· Berbagi pengalaman professional,

· Memperkaya praktik pengajaran, terus belajar, dan mengasah kemampuan diri.

 

Selain menjadi sebuah alat untuk berbagi, bekerja sama, dan menghubungkan strategi kerjasama linguistik IFI, IFprofs juga memiliki peran untuk mempromosikan bahasa Prancis di dunia maya. Banyak kerja sama linguistik yang kini dapat disalurkan lewat IFprofs, antara lain:

· Pelatihan pengajar Bahasa Prancis,

· Penyebaran program, bahan dan alat pengajaran,

· E-learning dan tes keterampilan berbahasa online,

· Platform digital Institut Français Paris seperti IFCinéma dan Culturethèque,

· Media promosi untuk kursus dan sertifikasi bahasa Prancis,

· Panggilan untuk proyek dan pendaftaran (terutama untuk perjalanan studi Bahasa Prancis)

· Berbagai kegiatan dan acara seperti : pekan Francophonie (negara-negara berbahasa Prancis), peringatan hari guru, perlombaan untuk pelajar, dll.

 

Para profesional yang terhubung di IFprofs Indonesia dapat juga mengakses informasi dari situs negara lain. Jaringan antar negara ini dapat menghubungkan berbagai sumber pembelajaran yang bersifat global dan dapat menyatukan para profesional di seluruh dunia. Dengan demikian, seorang guru di Semarang yang terdaftar di IFprofs Indonesia dapat juga mengakses publikasi dari  IFprofs Kamboja, IFprofs Rusia dan negara lainnya.

 

Semua pengajar Bahasa Prancis dapat menjadi anggota IFprofs, apa pun tingkatnya, siapa pun yang diajar, dan dimana pun institusinya. Biar pun begitu, komunitas ini bisa lebih kaya dengan bergabungnya para profesional di bidang pendidikan berbahasa Prancis (seperti : pustakawan, penasehat bidang pengajaran, pelatih, dan penanggung jawab institusi), dan juga para mahasiswa jurusan pendidikan, para calon guru, yang tentu tidak asing dengan informasi teknologi dan jejaring sosial.

 

Pada akhirnya, para mitra kami yang terdiri dari Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bahasa (PPPPTK Bahasa), Perhimpunan Pengajar Bahasa Prancis Seluruh Indonesia (PPPSI), Alliances françaises (Medan, Bali, Semarang, Balikpapan), dan 14 jurusan Bahasa Prancis di universitas-universitas seluruh Indonesia merasa tertarik untuk berpartisipasi dalam perubahan signifikan di bidang pengajaran Bahasa Prancis.

 

IFprofs, sebuah jawaban inovatif untuk pelatihan guru, dan sebuah terobosan besar untuk masa depan Bahasa Prancis di Indonesia.